Halo..

Di website wordpress kita mengenal 2 istilah, yaitu frontend dan backend. Frontend adalah tampilan depan website wordpress atau desain website kita yang bisa dilihat oleh pengunjung. Backend adalah bagian belakang layar yang hanya bisa diakses oleh pemilik web atau administrator. Backend di wordpress juga disebut dengan dashboard.

Di dalam dashboard inilah kita mengoperasikan website kita atau me-maintain website atau memodifikasi website. Semua perubahan yang dilakukan pada dashboard atau backend akan mengubah tampilan frontend. Bisa jadi lebih baik tapi bisa juga menjadi error.

Tampilan di sebelah kiri adalah menu admin, yaitu: dashboard, posts, media, pages, comments, dll. Mari kita bahas satu-satu.

1. Dashboard

Merupakan tampilan dari submenu “home” yang berisi ucapan Selamat Datang bagi administrator website dan juga berisi at a glance, quick draft, activity, wordpress news. Juga memiliki submenu “update” yang bisa di klik jika kita akan meng-update website kita.

2. Posts

Ini adalah tempat kita menulis, meng-edit, menghapus artikel, wacana, berita, cerita, dll yang akan disimpan dan ditampilkan di frontend. Biasanya kita menulis blog disini.

3. Media

Ini adalah tempat penyimpanan semua gambar, foto, banner, dll baik untuk yang ditampilkan di frontend ataupun tidak.

4. Pages

Disini kita membuat halaman website kita. Misal: home, about us, services, blog, contact, dll. Beda antara pages dan posts adalah pages ini adalah wadah dari blog atau dengan kata lain blog kita ditampilkan di page blog. Saya harap kamu mengerti penjelasan saya.

5. Comments

Ini tempat kita memoderasi komen dari prngunjung blog kita. Ini juga adalah tempat kita berinteraksi dengan pengunjung kita. Banyak komen-komen nakal, tapi bisa kita atur sedemikian rupa sehingga komen yang nakal akan difilter.

6. Appearance

Ini adalah tempat kita mengganti theme atau template dan memodifikasinya sesuai dengan keinginan kita.

7. Plugins

Plugins adaalah sekumpulan kode yang dibuat terpisah dengan kode inti dari wordpress untuk memudahkan setiap orang untuk memakainya bagi yang membutuhkan. Ingat, plugin bisa “crash” dengan plugin yang lain.

8. Users

Disini adalah tempat administrator dan user lain (jika ada) akan dicatat username dan password-nya. Namun bukan hanya itu isinya tapi juga ada biografi dan tempat mengubahn tampilan halaman admin. Kamu juga bisa membuat dan menghapus user lain jika diperlukan.

9. Tools

Ini adalah alat2 tambahan yang disiapkan oleh wordpress untuk mempermudah kita untuk nge-blog (press this) dan untuk memindah website jika diperlukan (export & import).

10. Settings

Berisi pengaturan umum untuk website kita. Silahkan buka untuk cek isinya.

Semoga bermanfaat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Are you human? * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.